Jakarta - Turunnya rasa semangat kebangsaan warga masyarakat di Indonesia, terlebih di daerah perbatasan menjadi perhatian oleh Persatuan Purnawirawan Polri (PP Polri). Berkaca pada maraknya peristiwa bentrok antar warga yang terjadi akhir-akhir ini maka PP Polri membuat langkah pencegahan.

"Kita akan membagi seratus ribu buah bendera ke enam provinsi," kata Ketua Umum PP Polri Jenderal Polisi (Purn) Rusman Hadi dalam acara teleconference di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (29/7/2008).

Enam provinsi yang dimaksud berada di daerah perbatasan dengan negara-negara tetangga. Provinsi tersebut yaitu Nangroe Aceh Darussalam, NTT, NTB, Kaltim, Kalbar, dan Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu perwakilan dari Polda Papua menyatakan bahwa pengibaran bendera merah putih dapat mengurangi pengibaran bendera bintang kejora di Papua. "Pengibaran bendera merah putih untuk mengurangi pengibaran bendera selain merah putih (bintang kejora-red) di Papua," ujar Kapolda Papua Irjen Bagus Ekodanto lewat fasilitas video conference.

Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Depdagri Sudarsono membantah pengibaran bendera ini terkait kian maraknya aksi separatisme. Menurutnya, kegiatan ini untuk mengakomodasi keinginan masyarakat.

"Nggak. Justru kita akan mengajak masyarakat, saya pernah ke sejumlah daerah dan justru masyarakat haus akan kegiatan seperti ini," jelas Sudarsono.

0 comments:

Berita Terkini | - -