Surabaya - PT ASDP cabang Surabaya memperkirakan puncak arus mudik ke Pulau Madura pada H-2 lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, ASDP akan mengoperasikan 18 kapal.

"Kita perkirakan H-2 adalah puncak arus mudik. Kawasan dermaga ujung benar-benar meningkat," kata Kepala Cabang PT ASDP Surabaya, Prasetyo saat ditemui detiksurabaya.com di Dermaga Ujung Surabaya, Minggu (14/9/2008).

Pihaknya kata Prasetyo, memperkirakan jumlah pemudik lebaran tahun ini akan naik 10 persen dari pada lebaran tahun kemarin. Jumlah pemudik pejalan kaki tahun lalu sebanyak 79 ribu.

Untuk itu, berbagai skenario telah disiapkan PT ASDP. Jika arus padat, ASDP menyiapkan empat dermaga yang ada digunakan semua. 18 Kapal yang ada akan dioperasikan dan mereka juga akan melakukan sandar tandem artinya satu dermaga digunakan dua kapal.

"Terminal bus yang ada, saat padat akan kita gunakan untuk tempat parkir sepeda motor. Dan jika sangat padat, satu kapal kita gunakan untuk mengangkut sepeda motor," ungkapnya.

Prasetyo juga menjamin tiket penyeberangan lebaran ini tidak akan mengalami kenaikan. Harga tiket menurutnya tetap sama dengan harga tiket regular.

"Tidak ada kenaikan harga tiket. Masyarakat jangan khawatir harga tetap sama," tandasnya.

Jika ada pihak yang bermain-main dengan harga tiket, PT ASDP tidak segan-segan untuk memberi sanksi. Penumpang dewasa harga tiketnya Rp 4.000 dan anak-anak Rp 3.000. Roda dua Rp 6.000. Roda dua diatas 500 cc dan kendaraan roda tiga Rp 13.000. Untuk mobil penumpang seperti sedan, jeep, minicab mikrolet Rp 73 ribu, dan bus Rp 132 ribu.

0 comments:

Berita Terkini | - -