Jakarta - 367 Rumah liar yang berada di sekitar Stasiun Jakarta Kota ditertibkan PT Kereta Api (KA). Penggusuran ini berlangsung dengan tertib.

Warga secara sukarela membongkar rumah mereka sendiri dibantu 400 petugas dari Daops I PT KA. Pantauan detikcom, ada dua titik lokasi penertiban operasi Bedah Lintas Jakarta Kota-Rajawali ini.

Lokasi pertama di ujung jalur 12, yang hanya berjarak 10 meter dari Stasiun Kota. Ada 60 rumah yang dibongkar sejak pukul 09.00 WIB, Selasa (5/8/2008).

Lokasi kedua terletak di Kampung Muka, yang berjarak sekitar 500 meter dari Stasiun Kota arah Bekasi. Di lokasi ini tidak seluruh rumah dibongkar, hanya bagian-bagian rumah yang menempati tanah milik PT KA saja yang dibongkar.

"Hal yang melatar belakangi penertiban karena terancamnya infrastruktur KA. Selain itu tingat kecelakaan pada perlintasaan KA semakin tinggi, karena banyaknya bangunan liar yang menghalangi jarak panjang petugas," ujar Kahumas Daops I PT KA Akhmad Sujadi di lokasi pembongkaran.

Sujadi juga menjelaskan pihaknya sudah melakukan sosialisasi sejak 2 bulan terakhir. Pihak PT KA juga menyediakan kereta pengangkut batu bara untuk mengangkut puing-puing yang tersisa.

Warga merasa kecewa dengan pembongkaran ini. Karena mereka merasa sudah turut menjaga keindahan di sekitar stasiun dengan menanam bunga.

"Saya sudah 2 tahun di sini, kalau alasannya cuma buat keindahan saja, kami sudah menanam bunga," ujar seorang warga Kampung Muka yang terpaksa merelakan kamar tidur dan dapurnya dibongkar karena menempati tanah milik PT KA.

0 comments:

Berita Terkini | - -